Thursday, January 18, 2018

Modifikasi auxiliary relay ZJY-224 dengan transformerless power supply

Auxiliary relay ZJY-224



kali ini saya mau bahas tentang auxiliary relay yang sering di pakai di panel kontrol motor , gunanya apa ? hanya sebagai tambahan anak kontak bantu. hanya saja pengalaman saya relay zjy-224 ini sering rusak di bagian supply tegangan untuk relaynya.

dari yang saya lihat relay ini memakai resistor sebagai pembagi tegangan agar tegangan 220 turun sampai tegangan yang di inginkan, relay yang di pakai ada 4 buah dan tegangan kerjanya 30 volt dc
coil dari relay - relay ini di seri jadi 120 volt semuanya jadi dengan rangkaian yang menggunakan resistor sebagai pengganti trafo maka terjadilah panas yang berlebih dan itu yang sering membuat rusak relay ini.

saya sering ganti resistornya tapi rusak lagi karena terlalu panas, nah saya coba experiment dengan power supply tanpa trafo dan hasilnya memuaskan.

untuk rangkaian power supplynya ada di link ini.



ini gambar relay di dalam panel motor 



  
ini gambar relaynya




Gambar sebelum dan sesudah di modifikasi


jadi tidak ada lagi resistor besar yang sering panas sudah di gantikan dengan capasitor

dan ini video pada saat saya test  rangkaian yang sudah di modif






terima kasih juga untuk teman - teman yang sudah membantu

supriyadisojol@gmail.com


1 comment: