Tuesday, February 7, 2017

Current injector (4-20ma) Part 1

Current injector (4-20ma) Part 1


Pada peralatan industri kita mengenal signal loop 4-20ma, hal ini di aplikasikan pada hampir seluruh peralatan mulai dari sensor pressure, level, tempetature, frekuensi, tegangan dll. Bisa juga di pakai pada sistem display yang menerima signal loop ini untuk di terjemahkan ke nilai tertentu.

Tapi pada pembahasan kali ini saya akan menjabarkan pada alat yang berfungsi sebagai current injector 4-20ma artinya alat ini akan menyuntikkan signal loop 4-20ma. Pertanyaannya adalah kenapa ?

Pada saat dilapangan dan melakukan troubleshoting maka kita perlu test apakah pembacaan dari alat sudah benar atau malah sensornya memberikan signal yang salah atau tidak sesuai dengan settingan kalibrasi rangenya (hal ini sering terjadi makanya di butuhkan kepastian agar bisa di kalibrasi ulang).

Pada current injector ada 2 mode kerja 1. Source dan 2. Sink mari kita lihat fluke loop calibrator yang sering di pakai


Pada mode kerja 1. source beginilah pengaturannya :



Jadi dengan begini alat ini menjadi sumber 4-20ma misal pemakaian pada control valve kita bisa mengganti fungsi pengaturan dcs. Dengan konfigurasi ini maka kita bisa atur bukaan valve dengan mengatur nilai dari current loop misal 4ma valve akan full close  dan 20ma valve full open. Dengan begini kita bisa lihat bahwa control valve ada NPN device atau passive

Pada mode kerja 2. sink beginilah pengaturannya :



Dengan konfigurasi seperti ini maka alat ini menjadi sumber beban atau alat yang terkoneksi dengan signal loop ini PNP device, contoh pemakaian misal kita ingin menggantikan fungsi dari pressure transmitter maka jika kita ingin cek jalur yang ke dcs atau pembacaan dcs sudah normal atau tidak bisa kita mengganti transmitter dengan alat ini sehingga kita bisa atur arus sehingga bisa di cek pembacaan dcs misal kita simulate di 20ma dan seharusnya dcs membaca 10Mpa dan seterusnya pada titik pengukuran lainnya sehingga kita yakin untuk mengambil keputusan


BAGAIMANA JIKA KITA TIDAK MEMILIKI SIGNAL LOOP CALIBRATOR ?

Memang kadang alat ini tidak di gunakan selalu untuk kalibrasi tapi kadang kita pakai untuk troubleshooting nah jika memang kita hanya gunakan untuk troubleshooting dan bukan untuk legalitas kalibrasi maka bisa menggunakan cara ini :

Pada sebuah plant terutama power plant saya selalu mendapati alat untuk backup panel yang menggantikan fungsi DCS dalam mengatur control valve (manual control) atau manual control yang mengatur nilai 4-20ma untuk alat tertentu.

Pada pembahasan kali ini saya akan bahas alat serupa yang saya pakai MIB-10C

 

Jadi kadang kalau loop calibrator itu sedang di kalibrasi di LIPII kami gunakan alat ini sebagai gantinya. Alat ini di pakai di backup panel sehingga jika DCS ada masalah maka kontrol akan di ambil alih oleh alat ini yang di operasikan manual oleh operator. Berikut adalah bagan internalnya :


Gimana bahasa china yah ?  yah itulah nasib tapi kita harus berfikir sedikit dan menganalisa di panel pasti bisa kita jabarkan masing – masing fungsinya. Nah jika kita anggap saja kita pakai pada sebuah control valve maka gambarnya akan seperti ini :



Nah jika kita ingin gunakan untuk troubleshooting maka, mode harus manual (tekan tombol M) pin 1,2,3 tidak kita pakai  lalu pin 9,10 kita jumper karena kita butuh resistor 250 ohm pin 11,12 di jumper karena jika tidak mode manualnya tidak mau jalan.

Power 220volt ac di pin 22,23  yang menjadi penyedia arus 4-20ma ada di pin 20,21 dan untuk pembaca feedback ada di pin 4,5

Jadi seperti itu yang bisa kita lakukan jika alat signal loop calibrator itu tidak tersedia atau dalam keadaan terpaksa, mungkin di tempat anda tidak tersedia alat yang sama persis tapi pasti ada alat yang serupa dan cara kerjanya sama. Jadi bisa di jadikan solusi alternatif pada saat di butuhkan.

Selamat berinovasi dan salam kami dari PLTU PALU dan www.mikrodb.com semoga sedikit ilmu ini bisa men-trigger ide – ide segar lainnya.

file artiklenya dapat di download di sini


No comments:

Post a Comment