Saturday, January 15, 2011

Power Supply Tanpa Trafo (Transformerless)

Power Supply Tanpa Trafo (Transformerless)


Gambar dibawah ini adalah contoh rangkaian power supply yang tidak menggunakan transformator atau trafo. Rangkaian ini biasanya sering dijumpai pada senter buatan china. Pada dasarnya rangkaian ini bisa menghemat biaya pembuatan rangkaian tapi sangat tidak disarankan bagi yang belum berpengalaman untuk bereksperiment alat ini tanpa sebelumnya mempunyai pengetahuan tentang bahaya tegangan tinggi.



Perhitungan lengkap untuk rangkaian diatas saya sediakan file mathcad jadi mudah digunakan dan juga artikel lengkapya. silahkan di download di link dibawah atau jika link rusak silahkan email ke ruslan_inst@yahoo.com

dan jika anda menginginkan document ini dan juga file simulasinya silahkan comment dan download file dibawah atau email ke saya di ruslan_inst@yahoo.com 

File mathcad


2 comments:

  1. mungkin ini basicnya pada pembagi tegangan.
    btw ini prinsip kerjanya gmn y pak?
    apakah sama kayak buck konverter?

    ReplyDelete
  2. memang kalau dilihat sih agak mirip tapi saya tidak akan menyebutnya buck converter karena pada buck converter terjadi switching supply dan ketika supply di switch off baru capasitornya membuang dayanya. hal ini berulang dengan kecepatan tinggi sehingga efeknya timbul tegangan pada sisi output. tapi kalau rangkaian ini hanya pembagi tegangan biasa, tapi karena menggunakan capasitor untuk mengatur jatuh tegangan dan arus yang lewat. berdasarkan nilai reaktansinya. coba dilihat pada form perhitungannya ada mencari nilai reaktansi.

    maaf baru balas yah mudah - mudahan bermanfaat saya juga tidak mengaku ahli tapi apa yang saya tau akan saya bagi

    ReplyDelete