Monday, June 25, 2018

function PID honeywell

Pekerjaan Evaluasi PID oleh vendor




Dalam Power Plant fungsi dari PID ini sangat membantu operator dalam menjalankan fungsinnya tanpa PID tentunya plant akan tetap bisa bekerja hanya saja operator harus lebih fokus dan tidak boleh lengah.

contoh kasus yang pernah saya alami sendiri adalah fungsi PID yang katanya terasa aneh dan tidak stabil (masukkan dari operator). operator yang pengalaman tentunya sudah terbentuk kebiasaan yang bisa mendeteksi keanehan dalam sistem operasi dan ini sangat baik sebagai masukkan untuk evaluasi.

setelah banyak evaluasi tentunya dengan operasinal dan engineer kami memutuskan bahwa masalah kemungkinan terbesar terjadi pada formula atau rumus PID yang di pakai dan sebagai kesimpulan kami harus mendatangkan vendor untuk evaluasi semua PID kami di plant.

dan hasilnya betul saja ada rumus yang terjadi kesalahan pengetikan

yang awalnya    A3=L1-A2+A1   dan yang seharusnya  A3=L1-A1+A2

dengan perubahan kecil tersebut barulah operator merasakan operasi yang nyaman 

jadi apasih yang terjadi dengan perubahan kecil tersebut :

1. jika ada ganggauan pada beban semua PID langsung tidak kacau kalau dulu sedikit gangguan PID langsung berisolasi (naik turun) tidak mau stabil harus di manual dulu baru  bisa 

2. bayangkan semua maslaah ini terjadi di seluruh PID dan pada saat ada gangguan operator jadi super sibuk karena banyak yang mesti di handle makanya sering terjadi blackout karena tidak terhandle dengan baik


berikut adalah file serah terima pekerjaan dengan vendor kami   disini

3 comments: