Tuesday, March 20, 2018

Model VS1 Vacuum Breaker

Model VS1 Vacuum Breaker






Belum berapa lama saya meng-upload artikle pada page facebook saya masalah holding coil yang sering terbakar, memang sudah dapat alasan kenapa dia terbakarnya berdasarkan rangkaian listriknya berikut adalah kutipannya



"[share] sekedar share pengalaman holding coil sering bermasalah atau sering terbakar permasalahan utama di karenakan mekanis breakernya sudah berat sehingga ketika holding coil memukul tuas mekanisnya breaker tidak bergerak sehingga holding coil mengunci ON terus sampai panas dan akhirnya terbakar,

kecuali ketika holding coil ON dan breaker bergerak ada switch yang memutus supply holding coil sehingga holding coil tidak sampai panas.

permasalahannya ada, sumber masalahnya juga sudah di ketahui hanya saja untuk menyelesaikan masalah mekanis ini saya masih belum dapat yang bisa bertahan dalam waktu lama.




mulai dari memberikan vaselin (semacam grease), di berikan wd40 dan di bersihkan , di adjust spring, di ampelas. Semua cara itu hanya berhasil sementara tidak dalam waktu yang lama.

ingin di preventif kalau ada spare breaker mungkin bisa dilakukan cara di atas tapi bagaimana jika breakernya selalu di pakai atau ON terus dalam waktu lama tidak bisa di matikan ketika gangguan dan harus dinyalakan lagi masalah ini berulang

mudah2an bisa jadi masukkan dan bisa sharing solusi dari teman - teman lainnya yang sudah berhasil menghadapi masalah ini

salam #pantang_pulang_sebelum_terang"


ini sebenarnya tidak akan terjadi jika sistem mekanis dalam kondisi prima hanya saja jika barang sudah ber umur sudah barang tentu tidak akan 100% prima dan ini adalah kondisi tidak idealnya yang saya analisa ada 2 cara mengatasinya yaitu :

1. Mengubah SOP operasi dari breaker nya misal jika percobaan 1 di lakukan dan breaker gagal bereaksi maka supply power ke kontrol breaker harus secepatnya di off kan agar kondisinya normal kembali sehingga jika ingin di masukkan kembali breakernya, holding coil sudah dalam keadaan standby. kesulitan dalam solusi ini adalah sulitnya mengubah kebiasaan dari operator kadang juga tidak mau tau. yang penting breaker tidak mau masuk ya sudah bukan urusan saya. jadi untuk kami di sini opsi 1 bukan lah pilihan.

2. harus menambahkan modifikasi pada holding coil agar hanya bekerja sesaat meskipun tanpa mematikan power kontrol untuk breaker ini.

baik opsi 2 sepertinya hal yang saya pilih sebagai solusinya, hanya saja saya harus mencari rangkaian yang cukup sederhana dan handal, harus bekerja di tegangan 220 volt DC tanpa banyak melakukan perubahan pada rangkaian kontrol aslinya

Rangkaian yang paling pertama terlintas ada;ah rangkaian auto stater pada kendaraan bermotor jadi cukup putar kontak maka motor langsung nyala tanpa tekan tombol stater. nah masuk akal idenya

nah ketikan jalan - jalan pada breaker yang sama jenisnya tapi di unit power plant kami yang baru ada rangkaian tambahan di dalamnya bentuknya kayak gini 


dan ternyata di unit baru kami semua berakernya di pasangkan rangkaian ini dan semuanya memproteksi holding coil agar tidak terus menerus ON (agar tidak terbakar holding coilnya) nah jika type yang sama tapi keluaran baru kemungkinan memang masalah ini sering terjadi makanya di buat tambahan rangkaian ini. jadi saya rasa inilah jawaban dari masalah saya di atas.

jadi bagaimana rangkaiannya kok bisa...!!!???   


beginilah rangkaiannya yang saya bisa gambarkan kalau di teliti lebih lanjut ini rangkaian yang sering saya dapati di share dan di bahas di facebook (di group kumpulan skema,gambar,rangkaian elektronika)  atau di mbah google yang penting kata kunci nya "stater otomatis" 

HQ itu holing coil yah...

jadi barang dari china ini mengadosi teknologi yang sederhana untuk breaker penting, makanya murah barang2 mereka tapi ini solusi cerdik menurut pendapat saya dan saya akan melakukan hal yang sama untuk mengatasi masalah di atas


jadi team kami di pltu palu langsung mengeksekusi modifikasi ini pada braker G1 dan G2 unit lama kami agar hal ini tidak berulang terus menerus




setelah melakukan servis dan lainnya breaker G1 dan G2 kami sudah siap dan sudah dengan proteksi holding coil 

harapannya sih lancar jaya terus jadi g usah bongkar2 terus holding coil soalnya susah banget, repot, lama lihat kan di gambar mesti copot semua baru bisa di kerja


sekian penjelasan dari saya berikut adalah file yang berhubungan dengan breaker ini 

foto rangkaian dalam dari breaker VS1





Berikut adalah foto rangkaia proteksi holding coilnya 












Berikut adalah foto waktu kami mengerjakan G1 kami













No comments:

Post a Comment