Monday, March 12, 2018

Motorize Valve DZW-Z DQ-Z

Motorize Valve DZW-Z   DQ-Z




Belum lagi saya dapat pengalaman install MOV (motorize Valve) dengan type seperti DZW-Z   
DQ-Z saya tidak mengerti maksud dari kode - kode tersebut belum lagi tulisan dari datasheetnya itu cuma tulisan china.

tapi yang jelas rangkaian listrik tetap rangkian listrik, lagi pula sekarang sudah banyak software yang bisa terjemahkan tulisan china, dan berikut adalah penjelasannya saya masih mampu saya lakukan


MOV jenis ini suda komplit tinggal di tarikkan sumber tegangan 380 volt maka valve ini sudah bisa bekerja secara local karena memiliki mode operasi local pada body MOV nya 




untuk tampakan dalamnya seperti ini :



seperti yang terlihat MOV ini sudah memiliki rangkaian kontrol listrik di dalamnya,

1. Ada 2 kontaktor Artinya sudah ada rangkaian foward-reverse untuk motor listriknya
2. Sudah tersedia tombol local untuk open dan close dan tombol pemilih local dan remote (tombol kotak merah).
3. Ada limit open dan close  dan juga limit torsi untuk open dan close
4. dan tersedia modul control elektroniknya

nah meskipun dengan tulisan china rangkaian elektronik bisa kita lihat dan ini yang saya dapat dari bukunya 




dan berikut adalah hasil terjemahan dari google translate



yah di terjemahkan seadanya sampai kita bisa mengerti mau diapakan barang ini,


jadi bisa di lihat tegangan 380 volt akan menjadi supplay juga untuk modul kontrol ini dan tombol local pada MOV ini juga di kendalikan dari modul ini 

baik akan saya jelaskan bagian per bagian




pada gambar di atas terlihat bahwa kontaktor foward dan reverse hanya di kendalikan langsung dari modul bukan dari tempat lain



pada gambar diatas itu untuk tombol kontrol localnya 


LSO - LSC itu indikasi limit open dan close untuk modul 

TSO - TSC itu indikasi torsi open dan close untuk modul

gambar diatas baik limit dan torsi diambil normally close sehingga jika kondisinya terpenuhi maka terputus signal commonnya dan motor berhenti bekerja




saya rasa gambar di atas sudah jelas dari gambarnya



gambar di atas adalah resistor potensio yang menjadi indikasi posisi open dan close, seharusnya modul ini mengeluarkan arus 4-20mA sebagai inidkasi posisinya seperti gambar di bawah ini :


Tapi permasalahan yang saya dapati adalah arus itu tidak mau keluar pada terminal Fo dan yang saya lingkari dan di beri nomor 2 saya tidak dapat pada modul jadi saya tidak bisa manfaatkan modul ini secara maksimal, jika ada yang bisa jelaskan saya senang hati untuk sharing dengan teman - teman




SS,SC,SO adalah terminal yang di sediakan untuk mengontrol MOV ini secara remote  SS (switch stop) , SC (switch Close), SO (Switch Open) ini di sediakan di terminal agar bisa di kerjakan dari remote atau dari Control room lewat DCS atau PLC.



ini adalah terminal fisiknya di mana di sediakan agar bisa di operasikan secara remote



yah itu adalah penjelasan ringkas tentang MOV ini jika ada pertanyaan lain atau sharing data baru maka saya akan sangat senang 


berikut adalah kumpulan foto sebagai data tambahan


















No comments:

Post a Comment